Posted by: katabuku | September 5, 2009

Bagaimana Menjadi Orang Baik

Subjudul: Agar Hidup Anda Bermakna, Bahagia, dan Disukai Orang Lain; Penulis: Piero Ferruci; Penerbit: Libri 2009

Setiap orang memiliki potensi-potensi kebaikan dalam dirinya. Sayangnya, sering kali potensi-potensi kebaikan tersebut ditenggelamkan oleh berbagai kecenderungan pribadi dan kondisi-kondisi sosial yang lebih membuka peluang bagi menguatnya persaingan, permusuhan, pikiran negatif, ketidaksabaran, kesombongan, dan hal-hal lainnya yang negatif. Semua hal yang disebutkan terakhir tersebut pada gilirannya menyebabkan turunnya kualitas kehidupan manusia secara eksistensial.

Dalam buku ini Piero Ferrucci mengulas secara jernih dan sederhana bagaimana kita dapat membangkitkan kembali potensi-potensi kebaikan dan energi positif dalam diri kita, yang dengan semua itu kehidupan kita makin berkualitas tinggi baik dalam pengembangan kepribadian maupun relasi dengan orang lain. Berbagai peluang untuk melakukan ada di sekitar kita. Apa yang harus kita lakukan hanyalah melihat berbagai kesempatan untuk mengekspresikan dan menanamkan kebaikan; melihat ke sekeliling, dan di dalam rutinitas yang membosankan atau serangkaian tugas yang menekan, kita bisa menemukan saat-saat untuk melakukan kebaikan.

Bagi Ferrucci, setiap orang adalah baik menurut caranya sendiri. Namun kita tidak pernah menjadi orang baik yang terlepas dari rasa bersalah atau terpaksa. Tugas kita adalah menemukan bahwa hal-hal yang kita lakukan itulah yang terbaik dan memberi kepuasan, bahkan sukacita. Itu kunci bagi kita. Menjadi orang baik, kata Ferrucci, adalah cara paling sederhana untuk menjadi diri kita yang sesungguhnya. Masalah-masalah kemanusiaan hanya dapat diselesaikan oleh partisipasi dan inisiatif sejumlah besar orang, dan oleh perubahan kebudayaan yang mendalam. Namun adalah pandangan yang sempit kalau melihat kebaikan sebagai faktor yang remeh. Kebaikan tidak hanya mempunyai daya untuk menyelamatkan kemanusiaan – kebaikan sudah menyelematkannya.

Akhirnya, cara terbaik untuk memajukan kepentingan kita sendiri, untuk menemukan kebebasan kita sendiri, dan berlimpah dengan kebahagiaan kita sendiri, sering kali bukan dengan cara mengejar tujuan-tujuan ini secara langsung, melainkan dengan mengurus kepentingan orang lain, menolong orang lain agar bebas dari ketakutan dan kesakitan, berkontribusi pada kebahagiaan mereka. Bagaimana dengan Anda? Kalau Anda siap menjadi orang baik, buku ini akan memandu Anda memasuki “dunia” baru di mana kebaikan menjadi roh penggerak utama yang membawa Anda menemukan makna menjadi “orang baik” bagi diri sendiri maupun bagi orang lain. Selamat menjadi orang baik! [steve gaspersz]


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: