Posted by: katabuku | April 17, 2009

8 Pilihan Hidup Bahagia

scan0001

Penulis: John Baker; Penerbit: BPK Gunung Mulia 2009

Kenyataannya banyak di antara kita memiliki hidup yang kacau, sementara tidak seorang pun yang peduli untuk membantu dan memulihkan diri kita. Kita tidak tahu dari titik mana kita harus memulai pemulihan. Kita pasti pernah dililit oleh berbagai kepedihan yang terus menghantui batin, mengalami ganjalan yang sungguh menekan, dan memiliki kebiasaan buruk yang merusak hidup kita sendiri.

Hidup memang berat. Kita hidup dalam dunia yang tidak sempurna. Kita dilukai oleh orang lain, kita melukai diri sendiri, dan kita melukai orang lain. Tidak seorang pun di antara kita yang sempurna; kita semua telah melakukan pelanggaran dan telah membuat kekeliruan. Jadi, sungguh betapa menakjubkan dan lebih baik dunia ini saat diri kita dipulihkan kembali. Itulah yang hendak disajikan melalui buku ini.

Dalam buku ini Anda, para pembaca, akan diajak menempuh delapan langkah pilihan pemulihan. Dengan langkah-langkah itu Anda diundang untuk menyatukan kembali penggalan-penggalan hidup Anda. John Baker, penulis buku ini, sangat yakin bahwa kedelapan pilihan untuk memperoleh pemulihan itu benar-benar bisa diterapkan. Kedelapan pilihan pemulihan tersebut dibangun dari pemahaman atas akronim R-E-C-O-V-E-R-Y (pemulihan).

Kedelapan prinsip pemulihan dan kebahagiaan sebagaimana yang dikemukakan oleh Yesus merupakan landasan bagi delapan pilihan yang dijabarkan dalam buku ini. Apapun masalah yang sedang Anda gumuli sekarang – entah bersifat emosional, keuangan, hubungan dengan sesama, seksual, spiritual, dsb. – dan apapun yang Anda perlukan untuk dipulihkan, prinsip-prinsip yang mengarahkan kita pada kebahagiaan dan pemulihan tetap saja sama. Pilihannya selalu ada di tangan Anda.

Dalam buku ini, Anda juga akan menemukan 16 kisah dari orang-orang yang hidupnya diubahkan, yaitu mereka yang telah genap menyelesaikan kedelapan pilihan alkitabiah seperti yang dijabarkan dalam buku ini. Mereka ingin membagikan bagaimana mereka mendapatkan kelepasan dari kepedihan, ganjalan, dan kebiasaan buruk, berkat kekuatan yang datang dari Allah. Mereka akan bercerita bagaimana cara mereka mengatasi pergumulan mereka – pengendalian diri, perjuangan lepas dari kebiasaan-kebiasaan gila kerja, rakus makanan, pelecehan seksual, kecanduan narkoba dan alkohol, aborsi, dsb.

Selanjutnya, Baker mengajak pembaca untuk mengarahkan pandangan ke masa depan. Apapun yang telah terjadi dalam hidup kita, entah akibat memilih keputusan yang keliru atau pilihan yang menyakitkan yang dilakukan oleh orang lain, kita semua dan keadaan yang kita hadapi dapat berubah. Solusinya adalah dengan mulai menentukan pilihan pemulihan sekarang juga, dan bersedia berserah pada kuasa Kristus yang menolong diri kita.

Masa depan itu adalah tanggung jawab kita. Dengan demikian kita tidak terjebak pada sikap mencari kambing hitam dan tidak bersikap sebagai korban. Sebaliknya, kita ditantang untuk mengakui secara jujur bahwa kita mengambil pilihan yang keliru di masa lalu dan bersedia membenahi hal-hal yang masih dapat diperbaiki. Kita tidak mengendalikan semua hal yang menimpa diri kita, namun kita dapat mengendalikan cara kita menanggapi semua hal tersebut. Inilah kunci rahasia kebahagiaan. Jika kita tidak lagi membuang-buang waktu dengan terus-menerus menyalahkan diri sendiri, berarti kita mempunyai lebih banyak energi untuk membenahi masalah yang ada.

Kalau Anda ingin menelisik makna kebahagiaan di tengah himpitan pergumulan hidup Anda, mulailah membaca buku ini dengan keinginan untuk mengubah hidup Anda menjadi lebih baik. Buku ini hanyalah kompas yang menunjukkan arah perjalanan yang dapat Anda tempuh. Tetapi kuncinya tentu tetap pada pilihan Anda. Bacalah!

Steve Gaspersz


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: