Posted by: katabuku | December 19, 2007

Menguak Fakta, Menata Karya Nyata

Menguak Fakta, Menata Karya Nyata

Subjudul: Sumbangan Teologi Praktis dalam Pencarian Model Pembangunan Jemaat Kontekstual; Penulis: Rijnardus van Kooij, Sri Agus Patnaningsih, Yam’ah Tsalatsa; Penerbit: BPK Gunung Mulia 2007

Pembangunan jemaat adalah upaya berteologi yang mesti dilakukan secara sinambung. Berteologi dalam konteks kejemaatan adalah suatu tindakan sadar untuk memberdayakan jemaat memahami masalah-masalah di seputar kehidupan beriman mereka dan menemukan solusi bersama untuk mengatasinya. Artinya, jemaat sebagai komunitas beriman terus-menerus menguji panggilan Allah dalam suatu realitas konkret di mana mereka hidup dan berkarya. Oleh karena itu, pencermatan atas realitas berjemaat yang terus berkembang seiring perubahan zaman, mesti pula menjadi kajian berteologi yang bernas.

Buku ini adalah salah satu upaya untuk meneropong model-model kehidupan berjemaat dari berbagai tradisi gerejawi yang hidup di Indonesia. Beberapa organisasi gereja mainstream dipilih sebagai contoh penelitian (51 jemaat dari 16 kelompok gereja, hlm. 7), yang mewakili tiga wilayah Indonesia: bagian barat, tengah dan timur. Kajiannya bukan sekadar spekulasi filosofis atau tafsir teologis yang alkitabiah semata-mata, melainkan hasil penelitian yang secara luwes memanfaatkan seluruh instrumen penelitian yang berkembang dalam ranah ilmu-ilmu sosial. Jadi, dapat dikatakan ini adalah proses berteologi lintas ilmu. Kekuatan metodologisnya terletak pada kemampuan untuk memadukan dua metode penelitian (kualitatif dan kuantitatif) sebagai instrumen penelitian yang saling melengkapi. Analisis dibangun berdasarkan input data kuantitatif yang diperoleh dari survei melalui kuesioner yang dibagikan kepada anggota jemaat beberapa gereja mainstream (hlm.11). Penelitian literatur juga dilakukan untuk membangun landasan teoretis. Eksplorasi teoretik (bab 2) dilakukan terhadap sejumlah teori pembangunan jemaat: J. Hendriks (Jemaat Vital dan Menarik), C.A. Schwarz (Pertumbuhan Gereja yang Alamiah), R. Warren (Pertumbuhan Gereja Masa Kini), J. Herrington dkk (Model Transformasi Jemaat), A.S. Budianto (Gereja sebagai Gerakan Cinta), Y.B. Mangunwijaya (Gereja Diaspora, Paduan Gereja Teritorial dan Jaringan Diaspora). Eksplorasi teoretis dilakukan dengan memerikan kelemahan dan kekuatan setiap teori atau model. Berdasarkan pertimbangan itu, faktor-faktor penting dalam model-model tersebut diadopsi dan dikembangkan. Namun, kiblat teoretik yang digunakan adalah teori Hendriks, dan menempatkan 5 faktor vitalisasi jemaat dalam proses transformasi yang dijalankan dengan model sistem terbuka Weverbergh. Dengan model itu, para pekarya dan anggota jemaat dibantu untuk menemukan unsur-unsur relevan yang ada dalam konteks maupun dalam kehidupan internal, sehingga dapat mengambil sikap dan mengembangkan strategi bagi pembangunan jemaat.

Pemerian (deskripsi) hasil penelitian pada bab 3 mengulas sejumlah peubah (variabel) yang ditemukan dan dirumuskan secara korelatif dari proses penelitian (kuantitatif dan kualitatif). Data kemudian diinterpretasi dalam kerangka refleksi iman (bab 4). Sehingga dari sana dapat direkonstruksi model-model pembangunan jemaat yang kontekstual. Hasil rekonstruksi tersebut adalah: Gambaran Gereja sebagai Keluarga dan Model Gereja Keluarga.

Berdasarkan kegiatan penelitian dan analisis data hasil penelitian, pada bab 5 diulas perencanaan langkah-langkah konkret untuk memulai proses transformasi dalam pembangunan jemaat – yang disebut perencanaan strategis. Dengan perencanaan strategis, potensi positif dan negatif dalam dinamika berjemaat menjadi peubah-peubah yang dicermati dan dikelola secara serius sebagai bagian dari proses penataan relasi sosial dan kehidupan rohani jemaat. Buku ini layak dibaca bagi para aktivis gereja yang menaruh perhatian dan kasih bagi pembangunan jemaatnya sebagai saksi Kristus abad ini.

Steve Gaspersz


Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: